KOMPETENSI LULUSAN & BIDANG KERJA


PRODI INFORMATIKA (PROGRAM SARJANA)

System Programer : Jago membuat atau memperbaiki software dan menghasilkan software yang memberikan layanan kepada perangkat keras.

Network Servis Supervisor : Jago melakukan pengawasan semua kegiatan yang berkaitan dengan instalasi dan pelayanan peralata baru dan yang terkait dengan data, suara dan perangkat video

Database Administrator : Jago membuat desain database dan dapat mengimplementasikannya serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi, upgrade, adaptasi, monitoring dan maintenance database dalam suatu organisasi.

Software Engineer : Jago menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam mendesain, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi perangkat lunak dan sistem yang membuat komputer atau apapun yang berisi perangkat lunak.

Technopreneur : Mampu menangkap peluang bisnis dan berwirausaha di bidang Teknologi Informasi.

Peluang Lapangan Kerja Prodi Informatika STMIK El Rahma Yogyakarta

Revolusi industri 4.0 akan melahirkan perubahan baru yang sangat cepat di bidang teknologi. Beberapa hal yang secara bertahap terjadi adalah berkembangnya kecerdasan buatan (artificial intelegent), internet berkecepatan tinggi, teknologi cloud, Internet of thing dan big data. Prodi Informatika STMIK El Rahma adalah pilihan yang tepat sebagai tempat kuliah, karena kurikulum matakuliah telah disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja era revolusi industri 4.0.
Berdasarkan survei pekerjaan masa depan yang dilakukan oleh World Economic Forum, beberapa pekerjaan diproyeksikan tumbuh hingga 33% pada tahun 2022. Pekerjaan tersebut antara lain:

  • Saintis dan Analis Data (Data Analyst and Scientist)
  • Spesialis Kecerdasan Buatan (AI and Machine Learning Specialist)
  • Spesialis Big Data (Big Data Specialist)
  • Pengembang dan Analis Perangkat Lunak dan Aplikasi (Software and Application Developers and Analyst)
  • Analis Informasi Keamanan (Information Security Analyst)
  • Spesialis Teknologi Baru (New Technology Specialist)
  • Spesialis Blockchain (Blockchain Specialist)
  • Perancang Interaksi Mesin-Manusia dan Pengalaman Pengguna (User Experience and Human-Machine Interaction Designers)
  • Profesional Penjual dan Pemasaran (Sales and Marketing Professionals)

PRODI SISTEM INFORMASI (PROGRAM SARJANA)

  1. Business Analyst adalah seseorang yang merupakan bagian dari operasi bisnis dan bekerja dalam bidang yang berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan. Membantu dalam Integrasi dan pengujian solusi baru di perusahaan, instansi maupun organisasi. Bisnis analis tidak harus selalu bekerja dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan IT, keahliannya juga sering diperlukan dalam bidang pemasaran dan keuangan juga.  Perusahaan atau industri yang membutuhkan jasa dari bisnis analis biasanya yang bergerak di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utilitas, layanan perangkat lunak dan sebagainya.
  2. Data Analyst adalah profesi yang tugasnya menganalisis data serta mendapatkan pengetahuan baru melalui data tersebut. Tingginya kebutuhan praktisi data di perusahaan membuat profesi Data Analyst kian hari kian diminati. Berdasarkan survei pekerjaan masa depan yang dilakukan oleh World Economic Forum, profesi Data Analyst menempati urutan pertama sebagai pekerjaan yang diproyeksikan tumbuh hingga 33% pada tahun 2022. Mengutip di situs https://id.indeed.com/, gaji Data Analyst Rata-Rata di Indonesiapun tidak main-main, yaitu Rp.5 Jutaan perbulan untuk Data Analis Junior.
  3. E-Business Analyst   adalah Orang yang mempunyai kemampuan dalam bidang arsitektur enterprise, strategi manajemen dan rekayasa sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini. Peluang kerjanya di perusahaan yang membutuhkan sistem yang yang besar seperti industri manufakture, rumah sakit dan jasa perbangkan. Atau bisa mengembangkan software sendiri untuk dipasarkan ke industri-industri besar tersebut. Alumni kita ada yang mengembangkan software sendiri, yaitu  software Rumah Sakit Khanza yang sudah dipakai di 1000 an rumah sakit di seluruh Indonesia, dan software laundry 1010.dry yang sudah banyak digunakan juga di Indonesia.
  4. Technopreneur adalah seseorang yang mampu menangkap peluang bisnis di bidang IT, dan melakukan analisis bisnis. Menjadi seorang wirausaha di zaman serba digital seperti sekarang, seorang diharuskan juga perlu menguasai skill-skill teknologi yang mumpuni agar dapat bersaing di dunia luar. Apalagi di era industri 4.0, industri start-up digital tengah menjamur dimana-mana. Jika kamu tertarik untuk membangun perusahaan start-up digital-mu sendiri, kemampuan Technopreneur harus kamu miliki.


SEBAGIAN MATA KULIAH DAN TUGAS AKHIR :

Bisnis Digital, Big Data, AI, SPK, IoT, Mikrokontroller, Technopreneur